Minuman Khas Betawi yang Bikin Kangen

minuman khas betawi

Meskipun zaman sudah jauh modern, tetapi minuman jadul tetap menjadi pilihan untuk sebagian orang. Minuman khas Betawi adalah salah satu warisan dari leluhur yang memiliki rasa yang khas. Berada di antara minuman-minuman kekinian yang disukai anak muda, minuman khas Betawi ini masih dijajakan walaupun terbatas. Sebagai bentuk nostalgia, kita akan membahas minuman apa saja nih yang membuat orang kangen akan rasa maupun kenangannya dibawah ini.

Bir Pletok

Terdengar sangat unik, bir pletok menjadi salah satu minuman khas betawi yang terkenal. Meskipun jaman sudah berubah menjadi sangat modern, tetapi keberadaannya hingga kini masih bisa ditemukan. Jika and membayangkan akan mabuk ketika minum bir pletok ini, nyatanya bahan-bahan yang digunakan sangat alami seperti kapulaga, jahe merah, akar secang, dan gula jawa. Jika udara sedang dingin, minuman ini bisa menghangatkan tubuh.

Kopi Jahe

Wedang jahe mungkin sudah familiar ditelinga anda. Bagaimana dengan kopi jahe? Sama seperti khasiat bir pletok, kopi jahe ini juga bisa untuk menghangatkan badan. Ada beberapa rempah-rempah yang digunakan seperti kayumanis, pala, cengkeh, dan jahe. Bahan-bahan ini direbus hingga bercampur menjadi satu lalu diseduh dengan gula pasir atau susu.

Selendang Mayang

Pindah ke yang cantik-cantik, ada selendang mayang. Dari namanya saja kita sudah bisa membayangkan betapa ayu nya minuman ini. Yup salah satu minuman khas betawi yang memiliki tampilan warna warni ini juga masih disukai. Perpaduan antara kuah santan dan hongkue dengan warna cerah ini sangat gurih dan manis. Tak hanya bisa dijadikan sebagai minuman, selendang mayang ini juga bisa untuk ngemil karena mengenyangkan.

Es Doger

Masih ada lagi minuman khas betawi yaitu es doger. Siang-siang yang gerah akan menjadi adem jika menyantap es doger ini. Kita masih bisa menemukannya dengan mudah hampir disetiap sudut kota Jakarta. Bahkan di mall-mall juga ada yang menjajakan minuman ini lho. Isiannya sangat bermacam-macam seperti tape ketan, tape singkong, kelapa muda, dan tak lupa juga santan. Namun untuk mempermanis lagi, umumnya ditambahkan dengan sirup.