Tips Membasmi Rayap yang Menggerogoti Buku & Meja

Tips Membasmi Rayap yang Menggerogoti Buku & Meja

rayap secara umum dikenal, terutama di australia, menjadi semut putih, mereka tidak terkait langsung atas angin (meskipun mereka memangsa beberapa angin, termasuk semut acrobat). seperti angin, beberapa lebah dan tawon-yang seluruhnya dapat ditempatkan dalam urutan hymenoptera. rayap membagi kelas mereka dalam urutan kasta. rayap rata-rata mengonsumsi materi tanaman mati, umumnya dalam bentuk kayu, sampah daun, tanah, atau kotoran fauna, dan sekeliling 10% dari spekulasi 4. 000 spesies (sekitar 3. 106 taksonominya dapat dikenal) secara ekonomi rayap dapat dikategorikan selaku hama yang dapat mengakibatkan kehancuran sistemis yang keras pada konstruksi, tanaman, dan hutan.

rayap adalah pengurai utama, terutama di daerah subtropis dan tropis, dan daur ulang yang mereka lakukan dari kayu dan bahan tanaman lainnya sangat pokok bagi ekologis hutan yang cukup besar. bagai serangga eusocial, rayap hidup dalam dominion. kekuasaan memanfaatkan cara desentralisasi, sistem organisasi aktivitas dipandu oleh segerombolan rayap intelijen yang mengeksploitasi sumber makanan dan mileu. sebuah protektorat yang istimewa berisi nimfa (semimature muda), praktisi, tentara, dan individu pembiakan dari kedua jenis kelamin, tetapi kadang-kadang berkualitas oleh beberapa maharani petelur.

seterusnya ini merupakan kasta dari rayap:

kasta reproduksi atau reproduktif (ratu & raja)

pada saat usianya dewasa/matang, suri utama memiliki keterampilan yang besar untuk bertelur. pada beberapa spesies, permaisuri yang telah matang memiliki perut yang besar dan sangat mungkin menghasilkan 20. 000 sampai 30. 000 telur tiap hari. kedua ovariumnya yang matang sekiranya memiliki sekeliling 2000 ovarioles. abdomen menaikkan panjang tubuh sang sultanah beberapa kali lebih panjang dari sebelum kawin dan menyusutkan kemampuannya untuk bergerak bebas, meskipun rayap pekerja acap kali memberikan bantuan. raja perempuan rayap diyakini jadi sumber utama feromon/pengagih perintah yang bermakna dalam integrasi di dalam sebuah koloni, dan proses perintah ini dijalani oleh maharani rayap dengan makanan yang diserahkan oleh istri raja untuk koloninya (trophallaxis).

raja hanya tumbuh sedikit lebih besar setelah kawin dan berperan hanya terus kawin dengan istri raja seumur hidupnya (maharani rayap dapat hidup selama 45 tahun). hal ini sangat berbeda dari kekuasaan semut, di mana pasangan raja perempuan cukup sekali kawin bersama kelik-kelik serangga jantan dan semut jantan tersebut mati tiada lambat setelah kawin.

praktisi
aktivis rayap melakukan karier dari mencari makan, penyimpanan makanan, perawatan dan pemeliharaan persembunyian, dan beberapa tugas pertahanan melawan spesies tertentu. pekerja adalah kasta utama dalam kekuasaan untuk penyelidikan makanan yang menyimpan selulosa.

kenyatan yang terjadi pada spesies rayap, adalah pegiat mendistribusi makan anggota lain dari pemukiman oleh zat yang berasal dari penghancuran mereka, baik dari mulut atau anus. proses makan satu anggota kekuasaan oleh yang lain diketahui selaku trophallaxis, dan merupakan salah satu kunci keberhasilan lingkaran.

tentara/tentara
kasta serdadu memiliki spesialisasi dalam anatomi dan perilaku, hal ini menyerahkan kekuatan dan perawatan yang terutama berfungsi melawan serangan semut. proporsi prajurit dalam kekuasaan bervariasi, baik di dalam dan di antara spesies. banyak sena rayap yang memiliki rahang begitu besar, mereka tidak sanggup makan seorang diri, tetapi sekalipun, dikasih makan oleh pekerja.

spesialisasi dari kasta tentara adalah terutama pertahanan terhadap predasi oleh angin. biasanya lebih banyak tentara berdiri di belakang tentara awal sehingga seusai yang pertama jatuh, pertahanan sena lain akan tetap terjadi. dalam kasus di mana gangguan itu datang lebih besar, kepala sena rayap, mengerjakan pertahanan oleh formasi eksklusif, di mana tentara membentuk formasi mirip-phalanx di sekitar gangguan dan mengerkah penyelundup atau memancarkan racun dari nasus atau ubun. formasi ini melibatkan pengorbanan diri rayap karena selama pertempuran mereka akan menjaga area yang dapat menumpu ke akhir hayat.

makanan
rayap umumnya dikelompokkan berdasarkan sangkar mereka dan rutinitas makan. oleh karena itu sering dikenakan suku umum yaitu rayap tanah (subteranean termites), drywood (rayap kayu kering), dampwood (rayap kayu basah). dari jumlah tersebut, subterraneans dan drywoods terutama bertanggung jawab untuk banyak kehancuran dari bangunan buatan manusia dengan jasa anti rayap

segenap rayap mengonsumsi selulosa. selulosa merupakan makana rayap yang paling utama karenamemiliki sumber kekuatan yang kaya, tapi selulosa sulit untuk dicerna. rayap mengandalkan protozoa simbiotik (metamonads) seperti trichonympha, dan mikroba lainnya, dalam usus mereka untuk mencerna makanan. beberapa spesies rayap juga mengembangbiakan jamur untuk materi sediaanagenda makanan. mereka melindungi kebun jamur khususdidalam reban yaitu termitomyces ordo, yang dipupuk sama kotoran yang ditemui dari serangga.

terowongan tanah
rayap adalah serangga yang rendah dan relatif rangup yang butuh tetap lembab untuk bertahan hidup. mereka dapat dimangsa oleh semut dan predator lain kala beraktifitas. mereka menghindari mara tersebut dengan mengisolasi jejak mereka atas terowongan yang terbuat dari kotoran, materi tanaman, air liur, dan tanah. atas demikian, rayap dapat tetap tersembunyi dan berada di kembali bilik dari mileu luar yang kurang menguntungkan. kadang-kadang terowongan ini akan sangat panjang sampai beberapa meter karena terowongan ini pun digunkana untuk loreng dalam mencari makanan.

markas
rayap pelaku membangun dan melindungi sangkar yang sebagai rumah semua anggota koloni. basis rayap ini adalah struktur rumit terbuat oleh memakai gabungan dari tanah, lendut, kayu jejak yang dikunyah/selulosa, air liur, dan kotoran. markas rayap memiliki banyak fungsi seperti memberikan ruang hidup yang dilindungi dan konservasi air (lewat kondensasi). ada ruang pembenihan jauh di dalam sangkar di mana telur dan larva instar dibiakkan. beberapa spesies mempertahankan huma jamur yang diberi bahan tanaman yang dihimpun. petarangan rayap biasanya bebrbentuk seperti labirin terowongan yang dapat menyenggangkan saluran udara bagi para rayap dan pula bisan untuk mengontrol keserasian co2/o2.

kehancuran
karena tradisi mereka mengonsumsi kayu, banyak spesies rayap dapat mengadakan keburukan besar pada gedung yang banyak memiliki stuktur kayu. kebiasaan mereka yang biasa tersembunyi kerap mengakibatkan keberadaan mereka jadi tidak terdeteksi sampai ditemukan kayu yang hancur kronis dan adanya perubahan pada rataan kayu. sehabis rayap telah memasuki gedung, mereka tidak membendung diri cuma untuk makan kayu, mereka juga merusak kertas, kain, karpet, dan materi selulosa lainnya. rayap umumnya dipandang selaku hama di banyak negara, karena kerusakan yang mereka akibatkan pada rupa bangunan.

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *