Persiapan Membuat Lamaran Kerja

Melamar pekerjaan memang gampang-gampang susah, selain ada banyak proses yang harus dilalui, sebaiknya kita juga mempersiapkan diri secara mental dan fisik. Karena dalam melamar pekerjaan, kriteria yang dilihat oleh sebuah perusahaan tidak hanya skill, namun juga sikap jujur, pekerja keras, serta bertanggung jawab juga dituntut oleh perusahaan. Apalagi kalau perusahaan tersebut memang membutuhkan sistem kerja tim, tentunya calon karyawan diharapkan memiliki sikap dapat bekerja dalam tim, agar tim kerja dapat bekerja dengan kompak. Nah, untuk melihat bahwa pelamar itu memenuhi kriteria yang diminta perusahaan atau tidak, caranya yaitu lewat surat lamaran beserta lampiran-lampiran yang diajukan oleh pelamar kerja. Dari surat contoh lamaran kerja tersebut, perusahaan akan menyeleksi pelamar kerja yang paling memenuhi kriteria yang diberikan.

Lamaran kerja sebaiknya ditulis dengan tulisan tangan, tapi ada juga yang diketik, biasanya yang pengajuannya via email. Dengan surat lamaran kerja ini biasanya para pelamar bisa mempromosikan skill, pengalaman, dan juga pengetahuan mereka. Itulah mengapa didalam surat lamaran biasanya tercantum pendidikan terakhir, posisi atau jabatan terakhir yang dimiliki, serta pengalaman kerja yang dimiliki. Hal ini dimaksudkan agar perusahaan dapat mempertimbangkan pelamar. Dengan surat lamaran pekerjaan yang baik dan menarik, maka peluang bagi pelamar untuk dipertimbangkan oleh perusahaan akan semakin besar. Jika pelamar dapat melewati proses ini maka mereka dapat maju ke proses selanjutnya yaitu tahap interview ataupun test.

Tergantung posisi apa yang dilamar, biasanya posisi yang menawarkan gaji yang tinggi akan menggunakan berbagai test untuk menyeleksi calon karyawan atau pelamar nya. perusahaan-perusahaan besar biasanya akan menyeleksi calon karyawannya dengan ketat, pelamar biasanya harus melewati berbagai tahap tes yang tingkat kesulitannya lumayan. Bentuk surat lamaran kerjanya juga biasanya harus lebih unik dan menarik jika ingin melamar pekerjaan perusahaan besar, karena syarat yang ditawarkan biasanya juga banyak, namun sesuai dengan gaji yang diterima nantinya setelah diterima kerja. Jadi jangan lupa siapkan syaratnya ya kalo kamu mau melamar kerja. Itulah tentang contoh lamaran kerja yang perlu dipahami.

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *