Kuliner Bakso Klenger Surabaya Yang Menggoda

Lagi-lagi kota Surabaya kembali muncul dengan kuliner yang unik dan pastinya menarik semua orang untuk mencobanya. Kuliner yang kami maksud adalah kuliner bakso, mungkin Anda sudah biasa ketika mendengar bakso karena hampir disetiap daerah terdapat makanan yang enak ini. tapi perlu Anda ketahui bahwa bakso yang satu ini berbeda dengan yang lain, baik dari segi penampilannya, wujudnya, rasanya, dan cara penyajiannya. Ingin tahu bakso apa yang kami maksud? Bakso yang akan kami bahas kali ini adalah bakso Klenger yang ada di Surabaya. Tahukah Anda mengapa bakso ini dinamakan dengan bakso klenger?

Beragam ukuran bakso Klenger yang bisa dijadikan pilihan

Ukuran-Diameter-Bakso

Ukuran Diameter Bakso

Bakso klenger adalah bakso yang memiliki ukuran super jumbo dan ukurannya sangat berbeda dengan bakso biasa. Jika bakso pada umumnya berukuran kecil dan rata-rata sebesar bola ping pong, maka bakso klenger memiliki ukuran sebesar bola voli atau kepala manusia. Terbayang bagaimana cara makan bakso sebesar itu? Ada 5 ukuran yang disediakan oleh bakso klenger ini dari yang terkecil hingga terbesar. Ukuran level bakso klenger diantaranya :

  1. Level 2 : diameter 15 cm
  2. Level 2: diameter 20 cm
  3. Level 3: diameter 25 cm
  4. Level 4 : Diameter 30 cm
  5. Level 5 : diameter 35 cm
  6. Level 6 : diameter 40 cm

 

Bakso Klenger Surabaya dengan sajian unik

Bakso-Klenger

Bakso Klenger

Setelah mengetahui pilihan level dari bakso klenger ini Anda ingin mencoba level berapa? Sebelum mengetahui rasanya mari kita ketahui terlebih dahulu sejarah munculnya bakso klenger ini. Bakso klenger adalah bakso berasal dari Surabaya tepatnya adalah pak Pasiran. Pak Pasiran memiliki ide membuat bakso dengan ukuran besar karena mengetahui bahwa banyak pelanggan yang sudah jenuh dengan bakso ukuran kecil. Akhirnya pak Pasiran membuat terobosan baru dengan menu baru dan jenis yang baru dengan nama bakso klenger ini.

Bentuk bakso yang unik ternyata mampu menarik perhatian banyak pengunjung yang penasaran dengan rasa bakso terbesar di Surabaya ini. Menurut informasi Pak Pasiran bisa menghabiskan daging sapi sekitar 15 kg disetiap harinya dan Pak Pasiran mendapatkan pendapatan mencapai 2 juta setiap harinya. Meskipun omzet yang didapatkan dari bakso klenger ini cukup banyak namun cara pembuatan bakso besar ini masih menggunakan cara yang manual. Pak Pasiran mengaku lebih suka membuat bakso dengan cara manual dibandingkan dengan menggunakan mesin.

Harga Bakso Klenger Surabaya

Bahan-bahan yang dipakai untuk membuat bakso diantaranya adalah daging sapi, garam, bawang putih, tepung tapioca, setelah itu digiling dan dicetak menggunakan tangan. Bakso kemudian direbus selama 8 jam agar bakso bisa matang sampai kedalam. Untuk bisa menikmati satu porsi bakso klenger Anda perlu mengeluarkan uang minima 15 ribu dan maksimal 300 ribu tergantung dengan typenya. Selamat mencoba bakso klenger yang unik ini!

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *