Kiat Sehat Santap Daging Kambing Kurban 2017 yang Bisa Anda Terapkan

Biasanya, saat memasuki Idul Adha, banyak orang yang mempersiapkan diri untuk mengelola serta mengkonsumsi makanan yang berasal dari daging kurban misalnya dari kambing kurban 2017. Namun, karena banyaknya daging atau karena ingin mengkonsumsi olahan dari kambing tersebut, maka tidak sedikit yang akhirnya sakit misalnya tensi atau tekanan darah menjadi meninggi. Menurut DR. Dr. Ari Fahrial Syam, SpPD K-GEH, FNASIM, MMB, FACP yang merupakan konsultan Gasroenterologi ini mengungkapkan jika mengkonsumsi daging kambing secara berlebihan bisa menyebabkan sembelit ataupun orang dengan penyakit asam lambung mengarah ke atas atau GERD bisa menyebabkan penyakit jadi lebih parah.

 

Sebelum mengkonsumsinya, hilangkan lemak pada daging dan gunakan peralatan yang bersih serta kenali lebih dahulu teknik olahannya. Biasanya, cara mengolah yang banyak dilakukan adalah dengan dibakar ataupun digoreng dan dijadikan sebagai gulai. Jika dibakar, hindari membakar sate kambing terlalu dekat dengan bara api dan sebelum mengkonsumsinya, hilangkan lebih dahulu bagian yang gosong karena jika masuk ke dalam tubuh, bisa memicu kanker.

 

Kedua adalah hindari jeroan dan bagian tertentu. Jeroan seperti torpedo banyak disukai namun pada bagian ini memiliki kolesterol yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kolesterol dalam tubuh Anda menjadi meningkat. Jika Anda mengkonsumsi daging kambing terutama jeroan seperti torpedo, sebaiknya diimbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah misalnya apel dan tomat yang dikonsumsi bersama dengan kulitnya.

 

Ketiga adalah menyimpan daging dengan benar. Setelah Anda mendapatkan daging kurban seperti kambing, cuci daging tersebut di air yang mengalir kemudian diamkan sebentar agar airnya tidak terlalu banyak dan simpan di dalam freezer. Keempat adalah tidak berlebihan dalam mengkonsumsi daging kambing walaupun Anda memiliki tekanan darah rendah dan mengkonsumsinya pada malam hari. Selain bisa menyebabkan sembelit atau kolesterol darah yang meningkat, kalori dan lemak yang terkandung dalam daging kambing bisa mengendap dan menyebabkan berat badan Anda naik.

 

Kiat sehat lainnya untuk mengkonsumsi daging kambing kurban yaitu:

 

  • Perbanyak konsumsi air putih untuk membantu memperlancar pencernaan, membuang toksin atau racun yang ada di dalam tubuh.
  • Hindari untuk memasak daging dengan cita rasa pedas dan asam.
  • Sebaiknya masak daging dengan masakan yang berkuah seperti sup yang bisa membantu untuk mengurangi kalori di dalam daging.
  • Sesuaikan untuk mengkonsumsi daging kambing dengan kebutuhan tubuh. Dalam 1 ons daging terdapat 6-7 gr protein sedangkan tubuh manusia per harinya butuh 40 gr protein sehingga sesuaikan kebutuhan dengan aktivitas, ukuran, usia Anda.
  • Hindari untuk tidur setelah Anda mengkonsumsi daging kambing. Konsumsi masakan dengan bahan daging kambing setidaknya 2 jam sebelum tidur untuk membantu mengurangi asam lambung yang naik ke kerongkongan dan tidak terjadi panas di dada.
  • Imbangi dengan aktivitas yang bisa membakar lemak dan kalori seperti olahraga.

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *