KiwKiwHerbal.com Faktor- Faktor Yang Dapat Mengancam Fungsi Liver

kiwkiwherbal.com Faktor- Faktor Yang Dapat Mengancam Fungsi Liver Ada beberapa faktor yang dapat mengancam terganggunya fungsi pada liver yaitu:

Faktor- Faktor Yang Dapat Mengancam Fungsi Liver

1. Infeksi virus pada liver,Virus tentu saja menjadi mikrorganisme yang bertanggung jawab atas beberapa penyakit pada hati seperti pada kasus hepatitis virus yang ditularkan melalui makanan yang telah terkontaminasi jarum suntik,alat tato,dan lain sebagainya

2. Faktor genetis pada liver. Faktor genesis merupakan faktor keturunan  seseorang menjadi rentan terdampak apabila dalam silsilah keluarganya  ada yang mengidap penyakit hati

3. Racun yang terdapat pada liver yang disebabkan oleh alkohol dan obat-obatan narkoba atau makanan yang terpapar racun pun dapat merusak organ hati

4. Gangguan imun yang terdapat pada liver. Seperti pada kasus autoimun ketika sistem imun menyerang sel tubuh sendiri,jika terjadi pada hati maka yang dirusak adalah sel-sel hati

5. Zat karsinogen.Zat ini terdapat didalam makanan-makanan yang bersifat instan atau makanan dalam kemasan,seperti zat aflatoksin yang dapat mengkontaminasi makanan dalam penyimpanan contoh kacang-kacangan,padi,dan singkong,zat ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker hati

6. Pola istirahat yang buruk. Tubuh yang sangat kurang istirahat akan mudah sekali menurunkan imunitasnya,sehingga dapat menyebabkan terinfeksinya tubuh oleh virus

7. Pola makan yang kurang seimbang seperti terlalu banyak mengkonsumsi daging terlebih dengan pola yang buruk karena dalam daging terdapat banyak lemak serta bahan-bahan yang menjadi toksin bagi liver yang akan membuat liver menjadi terancamBerikut sedikit contoh penyakit yang terdapat pada hati :

A. Penyakit HepatitisPenyakit ini terjadi karena peradangan pada jaringan hati yang disebabkan oleh virus hepatitis,virus ini terdapat beragam jenis yang sudah umum seperti: hepatitis A,B,C,D dan E. Banyak kasus yang terdapat pada hepatitis A dan E biasanya dapat dipulihkan,Namun pada hepatitis B dan C biasanya berlanjut menjadi kronis.Sedangkan untuk hepatitis D hanya akan menyerang tubuh yang sudah terinveksi hepatitis B dan akan memperburuk keadaan sipenderita.

B. Penyakit Sirosis HatiPenyakit ini bisa disebut penyakit yang sudah sangat lanjut yang berakibat banyaknya jaringan ikat yang ada pada liver. Untuk penyakit liver ini bisa dibilang terjadi karena terpapar virus hepatitis B dan C, penyakit ini terjadi karena mengkonsumsi alkohol,  salah gizi, atau bisa karena penyakit lain yang bisa menyebabkan saluran empedu.

C. Penyakit Kanker HatiUntuk penyakit ini bisa terjadi apabila sel sel kanker berkembang di jaringan hati. Sudah banyak terjadi kasus hepatocelluler carcinoma, bisa dibilang hal tersebut penyakit komplikasi yang serius dari hepatitis yang kemungkinan terjadi dalam jangka panjang dan terus menerus, dan terutama pada sirosis yang diakibatkan karena adanya virus hemochromathosis.

D. Penyakit Pelemakan HatiUntuk penyakit ini bisa dikatakan terjadi apabila terdapat lemak yang tertimbun yang sudah melebihi dari sewajarnya seperti 5% dari berat keseluruhan organ hati. Hal tersebutlah yang bisa merusakan sel sel hati atau sirosis. Penyakit ini terjadi karena seseorang mengkonsumsi alkohol yang berlebihan dan continue.

E. Penyakit Kolestasis Dan Jaundice

Untuk penyakit Kolestasis ini dikarenan gagalnya hati saat memproduksi atau mengeluarkan empedu, jika hal ini sering terjadi maka bisa mengakibatkan penderita gagal melakukan penyerapan vitamin A ,D,E dan Vitamin K pada USUS. Yang bisa mengakibatkan tertumpuknya bilirubin, asam empedu dan kolesterol hati. Untuk Jaundice ini yang bisa membuat keadaan kulit berubah menjadi agak kekuningan, dan urin menjadi gelap dan untuk warna feses menjadi lebih terang.

F. Penyakit Hemochromatosis

Penyakit ini merupakan penyakit kelainan yang bisa terjadi pada metabolisme besi yang berada di dalam hati yang di karenakan adanya pengendapan besi yang begitu berlebihan di dalam hati.

G. Penyaki t Sarcoidosi

sUntuk penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang bisa mangakibatkan perluiasan luka yang ada pada hati dan tubuh.Nah ini lah penyakit yang ada pada hati yang bisa terjadi di dalam tubuh manusia, Sedikit hal yang harus di waspadai mengenai penyakit hati, berikut tanda tandanya bila mana hati sudah mulai terganggu :

•    Warna Tinja Cerah

•    Sering merasakan Nyeri Pasa perut kanan atas

•    Kadar Gula Rendah

•    Sakit Pada Otot

•    Sering Demam Ringan

•    Depresi

•    Libido Menurun

•    Hialngnya Nafsu Makan yang berkelanjutan

•    Berat badan meningkat secara abnormal

•    Jaundice / warna kulit agak kekuningan

•    Sering Mual

•    Urin Berwarna Agak Gelap

•    Sering Muntah

Berikut yang di tulis di atas adalah hal yang memang belum tentu terbukti adanya gangguan secara pasti, tetapi tak menutup kemungkinan hal yang di atas adalah gejala pada gangguan hati, alangkah baiknya langsung di periksa sebelum terlambat.

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *