Diabetes dan Gagal Ginjal (Tahap 5)

Apa itu diabetes?

Diabetes terjadi saat tubuh Anda tidak cukup membuat insulin atau tidak bisa menggunakan insulin dengan benar. Insulin adalah hormon. Ini mengendalikan berapa banyak gula dalam darah Anda. Tingkat gula yang tinggi dalam darah Anda dapat menyebabkan kerusakan pembuluh darah sangat kecil di ginjal Anda. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal dan gagal ginjal.

Apa itu gagal ginjal?

Ginjal yang sehat melakukan banyak pekerjaan penting. Mereka menyaring darah Anda, menjaga keseimbangan cairan, dan membuat hormon yang membantu tubuh mengendalikan tekanan darah, memiliki tulang yang sehat, dan membuat sel darah merah. Jika Anda mengalami gagal ginjal, itu berarti ginjal Anda telah berhenti bekerja dengan cukup baik untuk melakukan pekerjaan penting ini dan membuat Anda tetap hidup. Hasil dari:
Limbah berbahaya terbentuk di tubuh Anda
Tekanan darah Anda mungkin meningkat
Tubuh Anda bisa menahan terlalu banyak cairan
Tubuh Anda tidak bisa membuat cukup banyak sel darah merah

Bila ini terjadi, Anda memerlukan perawatan untuk menggantikan pekerjaan ginjal yang gagal. Tidak ada obat untuk gagal ginjal. Seseorang dengan gagal ginjal membutuhkan perawatan untuk hidup.

ubat sakit buah pinggang

Bagaimana penanganan gagal ginjal?

Tiga jenis pengobatan dapat digunakan jika ginjal Anda gagal:

  • Hemodialisis
  • Dialisis peritoneal
  • Transplantasi ginjalTim kesehatan Anda akan mendiskusikan berbagai perlakuan ini dengan Anda dan menjawab semua pertanyaan Anda. Mereka akan membantu Anda memilih perawatan terbaik untuk Anda, berdasarkan pilihan kesehatan, gaya hidup, dan perawatan umum Anda. Keputusanmu tidak perlu final. Banyak orang telah menggunakan masing-masing perawatan ini pada waktu yang berbeda dalam hidup mereka.

Jika saya mengalami gagal ginjal dan diabetes, perawatan apa yang akan saya lakukan?

Dokter ginjal (disebut nephrologist) akan merencanakan perawatan Anda dengan Anda, keluarga Anda, dan ahli diet Anda. Selain dialisis atau transplantasi, Anda harus:
Jaga agar gula darah terkendali. Hal ini biasanya dilakukan dengan diet, olah raga, dan jika diperlukan, suntikan insulin atau pil hipoglikemik. Dosis insulin sering kali harus berubah saat orang menjalani dialisis atau mendapatkan transplantasi ginjal baru. ubat 

sakit buah pinggang

Uji A1C secara teratur. Tes A1C Anda memberi tahu Anda berapa gula darah rata-rata Anda selama 2-3 bulan terakhir. Ini juga membantu dokter Anda mengetahui apakah diabetes Anda terkendali. Tanyakan kepada tim kesehatan Anda apa hasil A1C Anda seharusnya. Menjaga A1C pada sasaran akan membantu melindungi jantung, pembuluh darah, mata, kaki, dan saraf Anda.
Gunakan meteran glukosa darah. Anda juga harus memeriksa kadar gula darah Anda setiap hari. Anda bisa melakukan tes ini di rumah dengan glukosa darah meter. Tes biasanya dilakukan beberapa kali sehari. Ini memberitahu Anda apa gula darah Anda setiap saat.

Perlindungan terhadap gula darah rendah. Kebanyakan orang tahu bahwa gula darah tinggi itu berbahaya. Tapi gula darah rendah (disebut hipoglikemia) bisa berbahaya juga. Risiko gula darah rendah Anda lebih tinggi jika Anda menjalani proses dialisis, terutama jika Anda memiliki masalah makan, sering sakit perut, atau memiliki masalah pencernaan lainnya. Beritahu dokter Anda jika Anda memiliki gejala-gejala ini.

Teruji secara teratur untuk penyakit jantung dan pembuluh darah. Masalah jantung dan pembuluh darah umum terjadi pada penderita diabetes dan gagal ginjal.
Kelola diet Anda dengan hati-hati. Ada kebutuhan diet khusus untuk penderita diabetes yang juga menjalani cuci darah. Seorang ahli diet yang mengkhususkan diri pada penyakit ginjal dapat membantu Anda dalam hal ini.
Kontrol tekanan darah tinggi. Anda harus memeriksa tekanan darah Anda sesering yang disarankan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Anda mungkin juga perlu minum obat untuk mengendalikan tekanan darah Anda.
Mengelola kolesterol dan lipid darah. Jika kolesterol dan lipid Anda terlalu tinggi, Anda mungkin memerlukan obat untuk membantu menurunkannya.
Mengobati anemia (jumlah sel darah merah rendah), jika diperlukan. Orang yang menjalani dialisis sering mengalami anemia. Pengobatan melibatkan minum obat khusus yang disebut ESA (agen perangsang eritropoiesis) dan suplemen zat besi untuk membantu membuat sel darah merah.
Mengobati gangguan mineral dan tulang, jika diperlukan. Banyak orang dengan gagal ginjal memiliki mineral dan kelainan tulang. Anda mungkin memerlukan obat khusus untuk itu.
Ikuti rencana pengobatan diabetes Anda tentang pengobatan, diet, dan olahraga. Anda harus terus mengikuti rencana pengobatan diabetes Anda tentang pengobatan, diet, dan olahraga. Ini akan membantu melindungi bagian tubuh Anda, termasuk jantung, pembuluh darah, mata, saraf, dan kaki Anda.
Bisakah penderita diabetes menjalani transplantasi ginjal?

Iya nih. Jika Anda mendapatkan ginjal baru, Anda mungkin memerlukan dosis insulin atau pil hipoglikemik yang lebih tinggi (untuk menurunkan kadar gula darah). Hal ini karena:
Anda akan makan lebih banyak
Ginjal baru Anda akan memecah insulin lebih baik daripada luka Anda
Anda akan menggunakan obat-obatan untuk mencegah tubuh Anda menolak ginjal baru Anda dan ini mungkin bereaksi kurang baik terhadap insulin.
Jika transplantasi ginjal Anda kehilangan fungsi, perawatan dialisis dapat dimulai dan Anda bisa menunggu ginjal baru.

Bagaimana dengan transplantasi ginjal-pankreas?

Jika Anda menderita diabetes tipe 1, mungkin juga ada transplantasi pankreas. Ini mungkin dilakukan bersamaan dengan transplantasi ginjal Anda atau segera setelah itu. Pankreas adalah organ dalam Tubuh yang membantu menghasilkan insulin. Transplantasi pankreas memberi Anda kesempatan untuk berhenti memotret insulin. Dokter Anda bisa memberi tahu Anda tentang prosedur ini.

Join the discussion

Your email address will not be published. Required fields are marked *